Presentasi di Depan Kelas

12:26 AM Noshadiba Frisya Rahma 0 Comments

Di zaman sekarang, presentasi di depan kelas bukan lah hal yang asing bagi pelajar. presentasi bahkan sudah menjadi bagian dari kegiatan pembelajaran. walaupun begitu, bagi sebagian orang presentasi adalah neraka yang sangat menkutkan sehingga menimbulkan rasa ingin menhindarinya. Jadi, apakah anda termasuk orang yang demikian? sebaiknya anda mulai membuang jauh-jauh pikiran seperti itu. karna sebenarnya presentasi dapat menumbuhkan rasa percaya diri, dan kemampuan untuk tampil dan berbicara di depan orang banyak.

Lalu, bagaimana agar bisa lancar dalam melakukan presentasi?
Setelah berklai-kali saya melakukan presentasi, saya mencoba menarik kesimpulan dari setiap presentasi yang saya lakukan. akhirnya saya mendapat trik yang insyaallah dapat membantu para pembaca  agar dapat berhasil dalam presentasi yang akan para pembaca lakukan.
Berikut hal-hal yang saya lakukan :

  1. Kuasai Materi Presentasi
    Kunci utama presentasi adalah menguasai materi. jika anda memiliki mental yang bagus, tetapi anda tidak menguasai materi, presentasi juga tidak akan sukses. Pemahaman terhadap materi akan menambah rasa percaya diri saat presentasi. cara paling ampuh untuk menguasai materi adalah membuat poin-poin materi yang akan disampaikan. dari setiap poin akan muncul berbagai penjelasan. Ambil penjelasan yang anda anggap penting, kemudian pelajari berulang-ulang.

  2. Latihan
    Jikan adan merupakn tipe yang mudah gugup ketika berbicara di depan orang banyak, cara efektif untuk mengatasinya adalah dengan banyak latiha. Cobalah berlatih berbicara di depan cermin. sampaikan poin-poin penting yang telah anda pelajari sebelumnya, kemudian perhatikan penampilan dan ekspresi anda ketika berbicara. Lakukan ini secara berulang-ulang.

  3. Persiapan yang Matang
    Selaing menguasai materi, anda juga harus memperhatikan hal-hal lain sepertipenampilan dan alat-alat pendukung. pastikan semua telah disiapkan dengan baik. Persiapan yang matang kan menambahkan rasa percaya diri dan menghindarkan anda dari kepanikan.

  4.  Berdoa
    Bisakan untuk mengawali segla hal dengan berdoa, termasuk ketika hendak presentasi. Doa diyakini akan memberi kekuatan positif pada diri anda.

  5. Dapatkan Perhatian
    Ketika presentasi berlagsung, jangan hanya terpaku dengan teks. pandang mata setiap orang di hadapan anda dan sesekali libatkan mereka, misalkan dengan beranya atau melontarkan berbagai komentar menarik. Ciptakan suasana santai tetapi tetap serius dan fokus pada materi presentasi. Perhatikan juga intonasi, artikulasi, dan kecepatan berbicara anda. Jangan terlalu lambat dalam berbicara.

baiklah, sekian trik yang dapat saya bagikan dengan para pembaca. semoga segala yang kita lakukan dapat menghasilkan segala kebaikan untuk diri kita dan orang lain.
wassalam.

0 komentar: